manfaat batubara untuk kehidupan manusia

Manfaat Batubara Untuk Kehidupan Manusia

Batubara adalah salah satu hasil alam yang mempunyai banyak sekali manfaat untuk kehidupan manusia. Batubara merupakan suatu batuan sedimen tersusun atas unsur hidrogen, karbon, nitrogen, sulfur, dan oksigen.

Alasan kenapa batubara bisa dibakar adalah karena terbentuk dari endapan organik, terutama dari sisa0sisa tumbuhan dan terbentuk melalui proses pembatubaraan. Hasil Tambang ini sangat diperlukan oleh kehidupan manusia sehari-hari.

Ada berbagai macam manfaat dari batubara, misalnya saja seperti sebagai sumber energi, pemabntu industri, penghasil listrik, silikon, produksi karbon aktif, dan masih banyak lagi lainnya.

Manfaat Batubara

Berikut ini adalah berbagai manfaat batubara untuk kehidupan manusia yang kami ambil dari ilmutambang.com, antara lain:

1. Menghasilkan Produk Gas

Batubara yang ada di dalam tanah bisa secara langsung menghasilkan gas alam. Namun proses pengambilan gas alam ini memerlukan sebuah alat teknologi yang canggih. Gas alami yang dihasilkan oleh batubara murni ini akan diolah di tempat pertambangan serta bisa menjadi berbagai produk lainnya, misalnya saja seperti bahan bakar industri, produk hidrogen, solar, dan pembangkit listrik tenaga gas.

Teknologi pengambilan gas dari batubara ini sudah diterapkan di berbagai negara, misalnya saja seperti India, China, Australia, Jepang, dan juga Indonesia.

2. Bahan Bakar Pendukung Produk Industri Aluminium

Batubara juga termasuk salah satu bahan bakar yang mendukung industri alumunium yang sangat bermanfaat. Bahan ini bisa didapatkan sebagai hasil sampingan dari proses oksidasi besi pada aktivitas industri baja.

Manfaat batubara ini mendukung proses pengolahan oksidasi besi yang menghasilkan panas tinggi. Baja yang dihasilkan bisa dipisahkan berdasarkan kualitas yang dimiliki. Lalu produk yang tidak masuk syarat baja tentu akan kembali diolah menjadi alumunium.

Gas dan panas kokas dari batubara bisa memisahkan beberapa produk baja, sehingga bisa menghasilkan produk alumunium yang digunakan untuk berbagai jenis industri. Misalnya saja seperti industri pertanian, konstruksi, peralatan dapur, dan lain sebagainya.

3. Sumber Tenaga Pembangkit Listrik

Manfaat yang selanjutnya adalah sebagai sumber tenaga pembangkit listrik. Mungkin sebagian orang hanya mengenal pembangkit listrik tenaga air (PLTA), pembangkit listrik tenaga uap (PLTU), dan pembangkit listrik tenaga surya. Tapi sebenarnya batubara ini bisa dimanfaatkan untuk pembangkit listrik.

Pembangkit listrik genaga uap menjadi sumber utama energi listrik di negara kita ini. Untuk menghasilkan listrik, maka batubara ini dikonversikan ke dalam bentuk uap panas, dan menjadi sumber tenaga yang menghasilkan listrik dengan cara menggerakan turbin generator listrik.

Proses tersebut dilakukan sebanyak dua kali, hal tersebut dilakukan supaya lebih menghemat batubara. Bahkan hasil listrik yang menggunakan bahan bakar batubara bisa mencapai tegangan 400 ribu volt, sangat luar biasa bukan?

Nah itulah beberapa manfaat dari hasil tambang batubara yang sangat berguna untuk kehidupan kita sehari-hari. Sangat penting bukan peranan batubara di kehidupan kita ini?