Contoh Rantai Makanan pada Ekosistem Sawah

Contoh Rantai Makanan pada Ekosistem Sawah

Ekosistem sawah sering kita jumpai saat berada di pedesaan. Saat di pedesaan pasti anda sering menemukan bentangan sawah yang sangat luas.

Sawah merupakan lahan pertanian dengan permukaan rata serta berlumpur, lhan ini dibatasi dengan pematang yang berada di tepinya. Di Indonesia ada beberapa jenis sawah, misalnya sawah irigasi dan sawah tadah hujan.

Nah pada kesempatan kali ini, kami akan membahas mengenai contoh rantai makanan yang ada di sawah, simak ulasannya dibawah ini.

Contoh Rantai Makanan yang Ada di Sawah

Berikut ini adalah beberapa contoh rantai makanan yang ada di sawah yang kami kutip dari academia.co.id, antara lain.

1. Padi – Tikus – Burung Hantu – Dekomposer

Awalnya biji padi dimakan oleh tikus yang merupakan konsumen tingkat I. Selanjutnya tikus tersebut dimakan oleh burung hantu. Lalu burung hantu tersebut lama-kelamaan akan mati.

Saat burung hantu tersebut mati, ia akan di uraikan oleh dekomposer. Zat-zat hasil penguraian akan mereap ke tanah sehingga menyburkan tanah.

2. Padi – Belalang – Katak – Ular Sawah – Burung Gagak – Dekomposer

Contoh ini sama dengan contoh sebelumnya, dimana padi sebagai produsen dimakan oleh belalang. Setelah itu belalang dimakan oleh katak, lalu katak diterkam oleh ular sawah.

Setelah itu ular sawah tersebut dimakan oleh burung gagak dan nantinya burung gagak tersebut lama-kelamaan mati. Bangkai burung gagak tersebut akan diuraikan oleh dekomposer menjadi partikel mikroskopik.

3. Padi – Burung Pipit – Burung Elang – Dekomposer

Biji padi akan dimakan oleh burung pipit, setelah itu burung pipit akan dimakan oleh Burung Elang sebagai Konsumen tingkat II. Setelah itu burung elang lama kelamaan akan mati. Nantinya Bangkai burung tersebut akan diurai oleh komposer.

4. Padi – Keong – Katak – Ular Sawah – Burung Elang – Dekomposer

Tanaman padi adalah produsen bagi banyak hewan, salah satunya adalah keong. Pada rantai makanan ini, hewan bercangkang ini akan dimakan oleh katak. Setelah itu katak akan dimakan oleh ular sawah.

Setelah itu ular sawah akan dimakan oleh burung elang, dan nantinya burung elang akan mati dengan sendirinya. Bangkai burung elang tersebut akan diuraikan oleh dekomposer.

Nah itulah beberapa Contoh Rantai Makanan pada Ekosistem Sawah. Jika anda memiliki contoh lain, silahkan tulis di kolom komentar.