Cara Membuat Kop Surat di Microsoft Word

Cara Membuat Kop Surat di Microsoft Word

Kepala Surat atau juga dapat disebut Kop surat merupakan salah satu bagian terpenting yang harus ada di surat resmi. Kop surat dapat menjadi pembeda antara surat non – formal dan surat formal.

Kop surat berfungsi untuk mewakili identitas sebuah lembaga atau perusahaan yang berkaitan dengan sarana komunikasi surat menyurat atau juga dokumen resmi.

Selain itu, kop surat juga dapat memberikan kesan yang baik pada perusahaan dan meningkatkan kepercayaan karena memberikan identitas yang jelas. Terlebih dengan adanya kop surat, penerima dapat mengetahui instansi lebih lengkap lewat kontak yang telah tersedia.

Cara yang paling mudah membuat kop surat ialah mengguanakan Microsoft Word . Ada dua cara yang kami kutip dari teknolagi.com yang dapat kamu lakukan untuk membuat kop surat yaitu dengan menggunakan template bawaan atau dengan cara manual.

Cara Membuat Kop Surat di Microsoft Word

Sebelum membahas point utama, alangkah baiknya jika kamu pahami bagian – bagian dari kop surat. Pada umumnya kop surat berisi logo, nama perusahaan atau instasi, alamat, nomor telepon, email, dan website resmi.

Berikut cara membuat kop surat yang kami kutip dari teknolagi.com yang dibagi menjari tiga bagian. Pada tutorial kali ini kita akan menggunakan Microsoft Word 2010. Namun, tidak masalah jika kamu tak memiliki versi yang 2010, kamu dapat menggunakan versi yang berbeda karena pada dasarnya fitur yang digunakan sama saja pada versi baru maupun lama.

Langsung saja simak pembahasan berikut ini.

1. Membuat Kop Surat Dasar

Membuat kop surat di Microsoft Word bisa kamu lakukan secara manual. Secara manual artinya kamu dapat mengatur bentuk serta format penulisan sesuai standar yang dimiliki perusahaan. Karena, pada umumnya setiap perusahaan memiliki standar tersendiri untuk format suratnya.

Sebelum kita mulai membuat kop surat, terlebih dahulu siapkan data yang akan dicantumkan. Data – data identitas seperti nomor telepon, email, alamat dan lainnya sangat diperlukan untuk membuat kop surat.

Selain itu, siapkan logo perusahaan/instansi dalam format png. Atur juga margin dokumen yang akan digunakan, kamu dapat mengatur margir dokumen left: 3cm, right: 2cm, top: 2cm, dan bottom: 2cm. Jika sudah langsung saja kita masuk ke tutorialnya.

Perlu di ingat tutorial ini kami kutip dari teknolagi.com.

  • Buka Ms. Word di PC atau Laptop kamu.
  • Ubah View menjadi Print Layout. Caranya, klik tab View lalu pilih opsi Print Layout yang ada di sebelah kiri.
  • Lalu, Klik dua kali pada area header. Jika berhasil, akan muncul tulisan Header dan kamu akan diarahkan ke menu edit Header.
  • Setelah itu, klik Different First Page. Gunanya agar kop surat hanya ada pada halaman pertama saja.
  • Masukan detai atau informasi yang diperlukan(Logo, Nama Instansi, Alamat, No. Telepon, email, dan website resmi)
  • Selanjutnya, agar lebih mudah untuk mengatur posisi logo kamu dapat mengubah Wrap Text-nya. Caranya cukup mudah, yaitu klik logo > Layout > Wrap Text > In Front of Text.

Untuk menutup Header, dapat kamu lakukan dengan klik dua kali di luar area Header atau juga klik Close Header and Footer dikolom Design.

Jika kop surat berubah warna menjadi abu abu jangan khawatir, karena hal itu wajar terjadi. Setelah di print hasilnya akan sama(putih) seperti saat kita mengeditnya. Kamu dapat minyimpan file kop surat ini untuk dijadikan template surat surat lainnya.